Home / Berita Kampus / KULIAH KERJA LAPANGAN (KKL) MAHASISWA BIOLOGI DI KEBUN RAYA EKA BALI

KULIAH KERJA LAPANGAN (KKL) MAHASISWA BIOLOGI DI KEBUN RAYA EKA BALI

KKL BALI

Juli 2017, mahasiswa Biologi dan Pendidikan Biologi telah melaksanaakan kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL). KKL dilaksanakan selama lima hari, yaitu tanggal 17-21 Juli 2017 dan bertempat di Surabaya dan Bali.

Kuliah Kerja Lapangan (KKL) ini merupakan suatu kegiatan yang berhubungan dengan perkuliahan / pembelajaran kampus, namun lebih cenderung pada observasi langsung ke lapangan yang bisa berupa pengamatan atau mencari informasi. Kuliah semacam ini merupakan program yang wajib dilaksanakan agar para mahasiswa tidak hanya mengenal pelajaran / mata kuliah dalam kelas, namun terjun langsung ke lapangan untuk melakukan peninjauan, pemahaman, pembelajaran, dan pengamatan terhadap lingkungan yang berhubungan dengan materi perkuliahan.

Kegiatan KKL diikuti oleh mahasiswa semester lima dari program studi pendidikan biologi yang berjumlah 67 mahasiswa dan biologi berjumlah 25 mahasiswa serta enam dosen pendamping.

Beberapa tempat di Bali yang dikunjungi yaitu, Kebun Raya Eka Karya Bedugul, Tanjung Benoa, Pulau Penyu, dan Taman Nasional Bali Barat (TNBB) sebagai tempat observasi, dan juga mengunjungi Pantai Pandawa serta Joger. Kebun Raya Eka Karya dan Taman Nasional Bali Barat dipilih karena dapat digunakan untuk observasi tumbuhan dan hewan, yaitu mengidentifikasi, mengklasifikasi serta menyebutkan manfaatnya. Sedangkan di Pulau Penyu dapat digunakan sebagai observasi yang lebih cenderung pada reptil, aves dan mamalia. Kemudian di Surabaya yaitu kunjungan ke Universitas Airlangga (UNAIR). Kunjungan dilakukan lebih tepatnya di Laboratorium Institute Tropical Disease (ITD).

Bapak Wahyudi selaku staf TNBB menyampaikan bahwa Taman Nasional Bali Barat terdapat 17 jenis mamalia dan 160 jenis burung (aves), ada pula berbagai jenis reptil dan ikan. Flora yang telah diidentifikasi di TNBB terdapat sekitar 176 jenis meliputi pohon, semak, tumbuhan memanjat, menjalar, jenis herba, anggrek, paku-pakuan dan rerumputan. “TNBB merupakan habitat terakhir bagi burung jalak bali”, imbuhnya.

Kebun Raya Eka Karya Bali merupakan kebun botani atau taman botani tropis yang luas dan besar di pulau dewata.Koleksi tanaman yang terdapat di Kebun Raya Bali adalah anggrek, tumbuhan paku dan lumut, Begonia, kaktus, tanaman obat, tanaman untuk sarana upacara/ritual agama Hindu, tanaman air, bambu, Rhododendron, Araceae, dan Herbarium.

Adanya KKL ini diharapkan dapat menambah wawasan mahasiswa diluar kelas, dan dapat menambah relasi dengan instansi yang telah dikunjungi.

About Admin Prodi Biologi || UIN Walisongo Semarang

Check Also

Peringati Hari Bumi, Mahasiswa Biologi Tebar 5000 Ekor Benih Ikan

Dalam memperingati Hari Bumi pada tanggal 22 April, mahasiswa HMJ Biologi  bekerjasama dengan BEM Fakultas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *