Dosen dan Tenaga Laboran Ikuti Pelatihan Penggunaan Real-Time Polymerase Chain Reaction (PCR)

Biologi Walisongo Online, Semarang – Dosen dan Tenaga Laboran Program studi Biologi UIN Walisongo Semarang ikuti pelatihan Polymerase Chain Reaction (PCR) di Laboratorium Baru UIN Walisongo Semarang (Kampus 3). Pelatihan dilakukan oleh instruktur PT. LISTA FARISKA PUTRA. Rabu (22/07/20)

Pelatihan kali ini sebagai persiapan operasi laboratorium baru di Kampus III UIN Walisongo Semarang.  Guna meningkatkan keahlian laboran, dosen dan peneliti kususnya di lingkungan program studi Biologi UIN Walisongo Semarang

RT-PCR (Real-Time Polymerase Chain Reaction) adalah teknik yang digunakan untuk mengendalikan DNA target dari suatu organisme yang bertujuan untuk mengetahui kualitas DNA target. Selain itu, alat ini juga dapat melihat kualitas DNA secara relative, ekspresi gen (kuantifikasi mRNA), deteksi keberadaan DNA target, menentukan jenis SNP (Single Nucleotide Polymorphism), Menentukan kurva Tm (Melting Curve), dan melakukan screening High Resolution Melting (HRM).

Kedepan optimalisasi laboratorium di Prodi Biologi UIN Walisongo Semarang akan digunakan untuk laboratorium riset sesuai dengan renstra program studi Biologi.